[Food Event Review] Festival Jajanan Bango Solo 6-7 Juni 2015 @The Park Mall, Solo Baru


Gapura Festival Jajanan Bango

Bicara soal kuliner, pasti dong di kota kamu ada acara atau festival yang mempromosikan makanan khas dari kota kamu. Nah, kali ini perutnya.com yang domisilinya di kota Solo juga berkesempatan buat dateng ke salah satu event kuliner yang udah sering kita lihat atau denger di iklan. Yak! Festival Jajanan Bango yang diselenggarakan oleh kecap Bango lagi ada di kota Solo nih guys. Tau kan? Yang iklannya di TV bikin laper itu tuh..

Festivalnya sendiri dimulai hari sabtu tanggal 6 Juni, mulai jam 10 pagi sampai jam 9 malam. Acaranya 2 hari dan kebetulan kita baru sempet dateng ke acaranya tanggal 7 nya. Waktu itu kita datangnya malem sih jadi mungkin udah telat rame-nya, tapi tetep rame kok.


Suasana Festival Bango Solo

Pas masuk area kuliner, langsung disambut sama aroma dari Sate Kere Yu Rebi yang udah kondang banget di Solo. Posisinya pas banget ya, yang mau masuk pasti tambah laper kalo tau-tau nyium aroma sate kere yang...*ngiler*. *Ah sudahlah*.

Lumayan banyak guys jajanan kuliner yang ada di event ini. Nggak cuma makanan khas solo aja, tapi makanan khas dari kota lain ternyata juga ada lho. Kalo yang khas solo ada Sate Kere Yu Rebi, Tengkleng Klewer Bu Edy, Bakmi Toprak Yu Nani. Yang makanan luar daerah ada Mie aceh bungong jeumpa, Roti cane pidie asli daerah bapak, Soto banjar mbak lies, Bubur ayam manado, sama Pempek ny kamto. Harganya sih macam2 ya, ada yang 15 ribu sampai 20 ribu tiap porsinya.

Kemarin tim perutnya.com sepakat untuk me-review makanan khas yang dari luar daerah dulu. Kenapa? Soalnya kalo yang di daerah solo, kita lebih enak nge-review ke tempatnya langsung daripada disini, supaya lebih dapet feel-nya gitu. Nah, hidangan pertama yang dicoba yaitu Mie Aceh Bungong Jeumpa.


Kenampakan tersangka

Bungong Jeumpa sendiri adalah restoran makanan khas aceh yang sebenernya berlokasi di Jogjakarta, tapi ikut juga event jajanan bango di solo ini. Kalo mie nya, ini karakternya mie kering ya, bukan mie basah yang berkuah. Tapi, ini nih yang unik. Walaupun dimasak dengan cara ditumis, tekstur mie nya itu nyemek, jadi seperti agak berkuah tapi ga ada kuahnya(?). Selain itu, bumbu rempah rempah khas aceh yang digunakan gak tanggung tanggung. Jadi rasa mie nya itu kenceng banget bumbunya, mie nya terbalut oleh citarasa berbagai macam rempah khas aceh yang di combo sedemikian rupa yang kemudian menghasilkan suatu citarasa rempah yang kuat tapi balance. Pokoknya aceh banget deh!

Hidangan kedua sebagai dessert *halah*, yaitu Roti Cane Pidie. Kalo yang ini secara kasat mata keliatan kayak roti maryam, tapi dihancurin. Iya, dihancurin.. terus disiram sama susu kental manis (bisa pilih coklat apa vanilla). 


 Cane sebelum di eksekusi tim perutnya

Adonan cane yang dipadukan dengan gurihnya mentega bikin hidangan penutup ini jadi aldente perfetto bangeto~ (eh). Suasana tempatnya lumayan cozy sih guys, buat yang mau santap ditempat disediakan tempat untuk makan, ada yg duduk ada yg lesehan. Waktu itu sih nggak rame jadinya ya nyaman aja kita.


Yak, begitulah kesan pertama kami tentang Festival Jajanan Bango yang lagi mampir di Solo. Semoga tahun depan kalo ada lagi, makanan khas solo nya bisa lebih banyak lagi. Soalnya menurut kami masih ada yang belum diikut sertakan kayak SelatSolo, Tahu Kupat, Timlo, Nasi Liwet, Soto, dan masih banyak lagi. Karena kan sebenernya festival itu untuk mengenalkan makanan khas daerah yg dituju, nggak cocok juga kalo misal stand makanan khas daerahnya sama jumlahnya sama makanan khas luar daerah. Udah sih, gitu aja.


Saung Kuliner Bango

Oh iya, kita dalam waktu dekat juga bakalan launching channel youtube loh. Nanti kita bakalan ngupload video review kuliner khas Solo. Dan buat kamu-kamu yang kebetulan kemarin ikut dateng ke festival jajanan bango di Solo, atau mungkin di kota lain silahkan kasih komentar dibawah. Siapa tau ada yang bisa ngasih impresi yang berbeda sama kita soal makanan yang kita cobain tadi. Thanks for reading, guys! Have a happy tummy :D 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Entry