[Food Diary] Bakso Malang Cak Man

Hola hungry people!
Kali ini tim perutnya.com yang lagi kelaperan kembali menjelajah sudut-sudut kota Solo demi mencari semacam makanan. Entah dapat wangsit dari mana, didorongkan oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas suasana malam yang dingin, sepertinya menyantap semangkok bakso dengan kuah hangat asik juga nih!
Solo emang terkenal dengan bakso Solonya. Tapi rasanya jenuh gitu deh makan bakso Solo terus di kota asalnya, maka kali ini kami memutuskan untuk memakan Bakso Malang. Mari kita ke Malang! Eh tunggu! Mau makan bakso Malang ya gak usah jauh-jauh juga lah pergi ke Malang, di Solo juga ada bakso Malang yang enak dan sudah terkenal se-antero alam semesta Indonesia raya. Eng ing eng ini diaaaa... Bakso Kota Cak Man!!!!
Lokasinya dari arah bank BI ntar dikanan jalan.
Bakso Kota Cak Man adalah Bakso Malang yang tingkat kebekenannya sudah tidak disangsikan lagi bagi penikmat bakso di Indonesia. Kemitraannya sudah tersebar sekitar 90 outlet se-tanah air. Beruntungnya kota Solo juga menjadi salah satu kota yang terdapat outlet Bakso Kota Cak Man di dalamnya. Oke deh, gak pake berlama-lama lagi, berikut ini review mengenai semangkok bakso Kota Cak Man yang kami lahap dengan ganasnya malam itu.


Pertama kali menginjakkan kaki di TKP, kami disuguhi oleh sebuah meja panjang, di atasnya terdapat  etalase kaca yang mendisplay cem-macem gorengan khas bakso Malang yaitu; bakso goreng, pangsit udang, pangsit mawar, siomay goreng, dan tahu kulit (isi bakso), berikut saudaranya yaitu; mie kuning.
Mie Kuning dan pangsit-pangsitan
Goreng-gorengan khas bakso malang

Dan di sebelahnya teronggok panci besar berisi bebaksoan yang direbus yaitu; bakso halus, bakso urat, bakso jumbo, bakso kotak rawit, siomay, dan tahu putih (isi bakso). Disebelahnya lagi adalah panci berisi kuah kaldu khas Bakso Kota Cak Man yang mengepul hangat menggoda iman.
Baru di refill nih panci baksonya.
Kala itu, kami mendatangi etalase kaca tersebut, mengambil sebuah baki dan memesan dua porsi;
Bagi yang bingung memesan komposisi bakso Malang yang baik dan benar, Hungry People bisa memesan menu Paket Puas. Isinya itu gak jauh-jauh dari bakso urat, bakso halus, tahu bakso, siomay, bakso goreng dan mie kuning. Udah dapet minum sebotol teh. Cuma dengan harga Rp.15.000 ajah.
Agen Alfian nyobain menu paket, isinya bakso urat, bakso halus, tahu bakso, siomay, bakso goreng dan mie kuning + Frestea
Bagi yang suka pilah-pilih komposisi bakso sesuai selera, tim perutnya.com mencoba memesan semangkok bakso dengan isian sebagai berikut; bakso kotak rawit, tahu putih (isi bakso), pangsit udang, siomay, mie kuning, dan minumnya sebotol teh with shaking soda. 
Pilihan Dian nih, custom: bakso kotak, mie kuning, pangsit, bakso, tahu putih, n semacam cakue :p
Untuk 2 porsi yang kami pesen, kami cukup membayarkan dengan Rp.33.000 saja. Gak terlalu mahal mengingat itu segerombolan bakso-baksoan disajikan dalam ukuran yang lumayan besar. Setelah membayar, kita bisa meracik kuah bakso dengan menambahkan saus, sambel, jeruk nipis, garam, kecap, lada, seledri, sesuai selera masing-masing. Makan dimulai!
Segala macam tambahan buat nambah cita rasa bakso malang, dari kecap, sambal, seledri, sampai jeruk nipis pun ada
Ritual awal makan bakso yang baik dan benar adalah menyeruput terlebih dahulu kuah kaldunya. Kuah kaldunya anget, aromanya unik, dan rasanya itulooohh... gak sama kayak di tempat makan bakso lainnya, gurih kaldunya pas dan berasa sedikit ada aroma-aroma jeruknya gitu deh, bikin nafsu makan naik. Selanjutnya kita eksekusi satu-persatu isi dari mangkok bakso tersebut. Pertama bakso urat, baksonya kenyal, begitu dibelah tampak isinya agak berwarna kemerahan, menandakan terbuat dari daging sapi asli. Pangsitnya gurih dan ukurannya besar. Bakso tahunya yaa... sama sih kayak bakso tahu kebanyakan, menang di ukurannya yang gede. Siomaynya enak, terasa ikannya. Bakso gorengnya juga mantap. Dan ini dia yang yang unik, Bakso Kotak Rawit, baksonya bentuknya kotak, dan didalamnya tersembunyi kejutan yaitu irisan cabe rawit, wihh... sensasinya gimana gitu, pedes tapi nagih. Kalau ngerasa kuahnya kurang, bisa nambah kuah, tinggal minta sama mas-mas pelayannya, pasti dikasih.
Menu Makanan

Lha ini Minumannya
Kami mengakhiri sesi makan tersebut dengan perutnya yang kekenyangan. Satu porsi bakso Kota Cak Man emang ngeyangin banget. Gak rugi deh.
Oiya, Bakso Kota Cak Man bisa kalian temui di Jl. Ronggowarsito. Itu loooh...jalanan yang diapit sama gedung BI arah ke ngarsopuro, luruuuusss aja... Siap-siap pasang mata, karena Bakso Kota Cak Man letaknya ada di kanan jalan (“jangan sampe kelewatan, muternya jauh!)
Harga bakso dkk per biji-nya mulai dari Rp.2500 – Rp. 6000. Tinggal dicomot aja sesuai kebutuhan, kemampuan, dan selera. :D 
Oke, sekian dulu ulasan mengenai Bakso Kota Cak Man di Solo dari kami. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca-baca ulasan yang lain, liat postingan foto di instagram kami, dan video kuliner seru di channel youtube kami yah!

Salam kenyang perutnya.com

1 komentar:

  1. Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    · Steak & Sate Kelinci
    · Jagung & Pisang Bakar
    · Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu


    TheBatuVillas.com
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, East Java 65314, Indonesia
    Tel/Fax : +62 341 592955, Mobile/SMS/Whatsapp : +62 85 707 5858 99
    BBM: 7D8DEB8C
    FB: /batuvillas
    Twitter, Instagram Path & Foursquare: @thebatuvillas
    website: www.thebatuvillas.com
    Email : marketing@thebatuvillas.com
    See MAPS

    BalasHapus

 

Popular Entry